Tuesday, April 3, 2012

Ekonomi Pariwisata I


1. Apa saja komponen-komponen Neraca Pembayaran ? 

Komponen Neraca Pembayaran
Neraca pembayaran dapat dipecah ke dalam beberapa kategori yaitu; transaksi berjalan (current account), neraca modal (capital account), dan cadangan devisa negara (official reserves account): 

1.     Transaksi berjalan (current account).
Merupakan bagian dari neraca pembayaran yang berisi arus pembayaran jangka pendek (mencatat transaksi ekspor-impor barang dan jasa), yang meliputi :
a.   Ekspor dan impor barang-barang dan jasa ekspor barang-barang dan jasa yang diperlakukan sebagai kredit impor barang-barang dan jasa diperlakukan kembali sebagai debit
b.  Net investment income tingkat bunga dan dividen diperlakukan sebagai jasa karena merepresentasikan pembayaran untuk penggunaan modal.
c.    Net transfer (transfer unilateral)
Meliputi bantuan luar negeri, pemberian-pemberian dan pembayaran lain antar pemerintah dan antar pihak swasta. Net transfer bukan merupakan perdagangan barang dan jasa. Atau dengan kata lain transaknsi berjalan merangkum aliran dana antara satu Negara tertentu dengan seluruh negara lain sebagai akibat dari pembelian barang-barang atau jasa, provisi income atas aset finansial, atau transfer unilateral (misalnya bantuan bantuan antar pemerintah dan antar pihak swasta). Transaksi berjalan merupakan ukuran posisi perdagangan intenasional yang luas. Defisit transaksi berjalan menjelaskan arus dana yang keluar suatu negara lebih besar dari dana-dana yang diterimanya. 

Komponen transaksi berjalan meliputi neraca perdagangan dan neraca barang dan jasa. 

Transaksi berjalan umumnya digunakan untuk menilai neraca perdagangan. Neraca Perdagangan secara sederhana merupakan selisih/perbedaan antara ekspor dan impor. Jika impor lebih tinggi dari ekspor, maka yang terjadi adalah defisit neraca perdagangan. 

Sebaliknya, jika ekspor lebih tinggi dari impor, yang terjadi adalah surplus. Sedangkan Neraca Jasa adalah neraca perdagangan ditambah jumlah pembayaran bunga kepada para investor luar negeri dan penerimaan dividen dari investasi di luar negeri, serta penerimaan dan pengeluaran yang berhubungan dengan pariwisata dan transaksitransaksi ekonomi lainnya.

2.    Neraca Modal (Capital Account)
Merupakan bagian dari neraca pembayaran yang mencerminkan perubahan-perubahan dalam kepemilikan aset jangka pendek dan jangka panjang (seperti saham, obligasi dan real estate) suatu negara, Yang meliputi : a. Arus modal masuk tercatat sebagai kredit karena suatu Negara menjual aset berharga kepada pihak asing untuk memperoleh uang tunai. 

a.  Arus modal keluar tercatat sebagai debit karena suatu Negara membeli asset berharga dari pihak asing (luar negeri). 

b.   Transaksi-transaksi neraca modal diklasifikasi sebagai investasi portfolio, langsung atau jangka pendek. 

Untuk dapat membeli aset luar negeri diperlukan valuta asing, dengan demikian arus modal neto menggambarkan demand terhadap valuta asing. Nilai valuta asing ditentukan oleh demand valas untuk membeli barang-barang dan jasa dan demand terhadap valas untuk membeli aset. Neraca Modal adalah ukuran investasi jangka pendek dan jangka panjang suatu negara, termasuk investasi langsung luar negeri dan investasi dalam sekuritas. 

3.    Cadangan Devisa Negara (Official Reserves Account)
Mengukur perubahan-perubahan dalam cadangan internasional yang dimiliki oleh otoritas keuangan suatu negara. Hal ini mencerminkan surplus atau defisit transaksi-transaksi ekonomi neraca berjalan dan meraca modal suatu negara yang dihasilkan dengan cara mencari nilai selisih (netting) dari cadangan aset dan cadangan hutang. Cadangan devisa terdiri dari : 

a.   Cadangan internasional yang terdiri dari emas dan aset luar negeri yang dapat diperdagangkan.
b.    Peningkatan dalam tiap aset tercatat sebagai debit
c.    Penurunan cadangan aset tercatat sebagai kredit


2.  Sebutkan akibat-akibat yang ditimbulkan oleh kegiatan pariwisata terhadap Neraca Pembayaran suatu negara ?

               1. Pariwisata menurunkan defisit yang dialami negara.
               2. Pariwisata menurunkan surplus pembayaran negara.
               3. Pariwisata menambah jumlah surplus neraca pembayaran negara.
               4. Pariwisata menambah defisit yang dialami negara.



     3.   Apa saran anda mengenai tindakan yang perlu diambil untuk mengurangi defisit Neraca   Wisatawan ?
      Saran saya tindakan yang perlu diambil untuk mengurangi defisit Neraca Wisatawan antra lain :
1.   Meningkatkan promosi tentang ODTW yang ada di Indonesia di luar negeri.
2 .  Memperbaiki sarana dan prasarana yang menunjang kedatangan wisatawan dan menonjolkan ciri khas dari daerah yang menjadi daerah kunjungan pariwisata seperti saung angklung mang udjo yang terletak di Bandung.
3.    Melakukan pelatihan-pelatihan terhadap SDM yang berhubungan dengan ODTW sehingga dapat memenuhi keinginan wisatawan.
4.    Meningkatkan ketahanan negara agar wisatawan yang brekunjung tidak merasa takut selama mengunjungi ODTW.
5.    Meningkatkan kegiatan MICE Internasional di Indonesia.




 4. Carilah masing-masing sebuah contoh dari Neraca Pembayaran dan atau Neraca Wisatawan, lalu buatlah pendapat atas neraca-neraca tersebut ?

     Statistik kunjungan wisatawan mancanegara tahun 2010 dan 2011.
      
    

 Terjadi kenaikan kunjungan wisatawan yang signifikan pada tahun 2011 dari tahun 2010 terutama pada bulan Juli tahun 2011 menjadi 745,451 dari 658,476 pada tahun 2010




1 comment:

  1. Your Score: 75
    It's clear enough but No.4 its not balance of payment or balance of trade/tourism..it's just data for Total Tourist period 2010-2011.

    ReplyDelete